Pulau Binongko sangat dikenal dengan nama Kepulauan Tukang Besi. Bukan tanpa alasan, pulau ini dinamakan demikian karena tukang besi di pulau ini mampu menghasilkan produk-produk dari besi dengan kualitas bagus. Pulau Binongko terletak di Kabupaten Wakatoni, Sumatra Tenggara. Pulau ini sangat indah, layaknya pulau lain di Wakatobi, namun memiliki daya tarik lebih lengkap jika dibandingkan dengan pulau lain di Wakatobi.

Tebing yang mengelilingi pulau berpadu dengan pantai berpasir putih dan ditambah rumah tradisional penduduk yang ada di tepian tebing membuat pemandangan di Pulau Binongko sangat mengagumkan. Pulau Binongko memiliki spot Diving yang sangat indah, pantai, hutan mangrove, benteng Palahidu, Taman Batu, Pemandian (Topa Labalago), dan tari khas bernama Tari Balumpa. Mengunjungi Pulau Binongko sama dengan berwisata dengan paket lengkap dalam satu lokasi. Pemandangan indah langsung menyambut kedatangan wisatawan yang berkunjung.

Khusus untuk Tari Tradisional Balumpa, tari ini bida disaksika oleh pengunjung ketika ada acara besar yang diadakan di Wakatobi. Tarian ini akan secara khusus dipersembahkan untuk pengunjung. Seklias, tarian ini dibawakan oleh 8 gadis berparas cantik dengan diiringi nyanyian Kabanti yang merupakan nyanian khas daerah. Musik yang mengiringipun juga khas, yaitu alunan musik gambus.Kesan pertama saat menyaksikan tarian ini, suasana lembut dan ramah langsung terasa di mata para wisatawan.

Pulau Binongko merupakan pulau di Wakatobi yang termasuk jarang dikunjungi wisatawan meskipun memiliki banyak obyek wisata. Alasannya adalah karena akses dan lokasi Pulau Binongko sangat sulit untuk dijangkau. Sangat disarankan jika wisatawan ingin mengunjungi Pulau ini untuk memesan pemandu wisata yang banyak ditemui di Pulau Wangi Wangi. Selain lebih aman, dengan jasa pemandu ini wisatawan dapat mencapai lokasi dengan lebih mudah karena tanpa harus bertanya ke sana kemari. Selain itu, dengan menggunakan jasa pemandu, secara tidak langsung wisatawan membantu penghasilan masyarakat di sana.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

Metode Pembayaran