Pulau Rhun Dan Ay Kepulauan Banda Naira merupakan gugusan pulau yang berada di provinsi Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Pulau Rhun dan Pulau Ay merupakan dua buah pulau yang letaknya berbeda namun masih berada dalam wilayah Kepulauan Banda. Pulau Rhun sendiri merupakan sebuah pulau yang ukurannya dapat dikatakan paling kecil dari beberapa pulau lainnya yang ada di Kepulauan Banda Naira. Panjang daripada Pulau Rhun sendiri adalah 3 kilometer dan lebarnya hanya kurang dari 1km.

Sementara itu, Pulau Ay merupakan pulau dan juga sebuah desa yang berada di dalam kawasan Kecamatan Banda, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Posisi geografis dari Pulau Ay sendiri beraa di sebelah barat daripada Kepulauan Banda. Pulau Ay memiliki sebuah tempat destinasi yang digunakan sebagai lokasi snorkeling yang sangat bagus di wilayah Laut Banda. Dari segi destinasi wisata, Pulau Rhun tidak begitu memiliki banyak destinasi, namun keindahan pulau serta sejarah dari pulaunya sendiri dapat menjadi destinasi atau tujuan bagi seseorang wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Dengan kata lain, seorang wisatawan yang berkunjung ke Pulau Rhun akan dapat menikmati keindahan daripada pulau itu sendiri sekaligus mencari pengetahuan mengenai sejarah dari Pulau Rhun yang dulu pada zaman Belanda merupakan salah satu pulau yang begitu didambakan untuk dimiliki. Tidak lain adalah karena penjualan dari segi rempah rempah yang berkhualitas yang mampu di hasilkan oleh Pulau rhun itu sendiri. Rempah rempah berupa pohon pala adalah salah satu rempah yang paling diminati untuk diambil dari Pulau Rhun oleh pihak Belanda pada masa penjajahan dulu.

Lalu selanjutnya, jika seorang wisatawan ingin mengunjungi berbagai destinasi menarik yang ada di Banda Maluku Tengah, maka mereka bisa mengunjungi Pulau Ay. Pulau Ay memiliki beberapa destinasi menarik yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Dari mulai Gerbang Matalenco, Masjid Nur Ay, Benteng Revenge, Rumah Adat Olisiwa adalah beberapa destinasi menarik yang dapat dikunjungi saat berada di Pulau Ay.

Begitulah beberapa destinasi yang berkaitan dengan potensi wisata atau potensi sejarah dari Pulau Rhun Dan Ay Kepulauan Banda Naira. Beberapa destinasi wisata sejarah lebih dominan saat seorang wisatawan mengunjungi Pulau Rhun Dan Ay Kepulauan Banda Naira.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

Metode Pembayaran