Indonesia adalah sebuah negara kepulauan dengan luas negara sebesar 1.904.569 km persegi dimana 4,85 persen dari wilayahnya adalah perairan.  Dengan luas negara mencapai hampir 2 juta km persegi tersebut, Indonesia memiliki banyak sekali Provinsi, yang di dalamnya mencakup berbagai elemen tingkatan daerah dari mulai Kabupaten sampai dengan Kecamatan. Di dalam elemen tingkatan daerah inilah terdapat berbagai macam potensi wisata yang dapat memikat setiap pengunjung yang berkunjung ke negara Indonesia.

Dan salah satu potensi wisata tersebut berada di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Potensi wisata tersebut dapat ditemui di salah satu daerah Kecamatan di Indonesia ini. Seperti Jajay Waterpark yang berlokasikan di desa Mekarsari, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Objek wisata ini merupakan wisata buatan berupa kolam renang yang sangat favorit di Kecamatan Cipongkor ini.

Selain potensi objek wisata buatan seperti kolam renang, di kecamatan Cipongkor ini juga terdapat potensi objek wisata buatan lainnya berupa Taman Bunga Nusantara. Di lokasi ini para pengunjung dapat menikmati keindahan berbagai macam bungan yang ditanam sembari foto atau melakukan aktifitas lainnya. Lokasi dari Taman Bunga Nusantara ini lebih tepatnya berada di Kampung Cianjur Saguling, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Terdapat juga di Kecamatan Cipongkor ini potensi objek wisata berupa Situs Megalitikum Batu Ente’p. Lebih tepatnya para pengunjung yang ingin berkunjung ke lokasi ini dapat menuju ke Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Indonesia. Dan salah satu lokasi fenomenal yang berada di kecamatan ini adalah Makam Syekh Muhammad Syafe’i yang berada di Desa Cijenuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Makam dari keturunan kesembilan tokoh walisongo yakni Sunan Gunung Jati ini sangatlah padat dikunjungi oleh para pengunjung dari berbagai daerah yang terutama selain sekedar berkunjung saja, para pengunjung juga berziarah di makam ini. Syekh Muhammad Syafe’i sendiri di masa lalu selain pemeluk agama Islam juga seorang penguasa dari desa Cijenuk di Kecamatan cipongkor ini. Penguasa dari desa Cijenuk ini sendiri juga memiliki gelar sebutan berupa Pangeran Raja Atas Angin.

Dilokasi makam ini, para pengunjung akan dapat menemui beberapa fasilitas yang dapat digunakan, yang diantaranya adalah masjid, ruang majelis, area parkir, termpaat bersuci, dan tentu saja makam dari tokoh desa Cijenuk ini sendiri. Dan yang terpenting adalah, para pengunjung tidak akan khawatir tidak dapat kebagian tempat dikarenakan kepadatannya. Lokasi dari makam ini sendiri dapat menampung 500 sampai dengan 700 orang pengunjung di setiap harinya.

Begitulah beberapa potensi dari segi wisata yang dapat ditemui di Kecamatan Cipongkor, yang berlokasikan di Kabupaten Bandung Barat. Untuk dapat sampai ke Kecamatan Cipongkor ini, para pengunjung dari manapun dapat melajukan kendaraanya di mulai dari Kabupaten Bandung Barat dengan melihat petunjuk jalan yang mengarahkan langsung ke Kecamatan Cipongkor.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

Metode Pembayaran