Wisata ke Sulawesi Tenggara, terutama ke Wakatobi tidak melulu berjelajah ke dunia bawah lautnya yang indah. Namun wisatawan bisa berlibur ke desa tradisional yang bernama Desa Haka di Pulau Lintea Tiwolu. Kehidupan lokal di Desa Haka menawarkan suatu hal yang menarik dan unik. Salah satu hal yang menarik di desa ini adalah dimana penduduknya memiliki pengalaman dalam membuat kapal dan memancing ikan secara tradisional. Seperti pada penduduk di Wakatobi lainnya, penduduk di Pulau Lintea Tiwolu ini juga berprofesi sebagai nelayan.

Pemandangan alam di Desa Haka sangat indah. Keindahan ini semakin bertambah dengan adanya rumah-rumah penduduk asli yang terbuat dari kayu dan tidak dicat sehingga menambah keunikan desa ini. Sensasi lain jika wisatawan mengunjungi desa ini adalah ketika ingin berkunjung dari rumah ke rumah. Wisatawan harus berjalan secara hati-hati karena sebagian besar rumah penduduk dibangun di atas air. Di pinggir pantai berjajar perahu yang terbuat dari bahan kayu menandakan masyarakat di sini berburu ikan dengan mengunakan cara tradisional.

Suguhan menarik dari Desa Haka di Pulau Lintea Tiwolu ini adalah ketika malam hari banyak nelayan yang pergi mencari ikan. Rutinitas nelayan di Desa Haka selalu mencari ikan pada malam hari. Jika wisatawan beruntung, ia akan bertemu dengan nelayan yang mengijinkan mereka ikut mencari ikan. Namun sebagian dari nelayan memang tidak mengijinkan wisatawan ikut serta. Sebagai gantinya, wisatawan ini diperkenankan melihat nelayan ketika bersiap mencari ikan dan bersedia menjawab beberapa pertanyaan tentang bagaimana cara menangkap ikan di laut.

Selain menyuguhkan pemadangan dan budaya, banyak mayarakat lokal yang biasa menyuguhkan makanan khas Desa Haka secara cuma-Cuma. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati makanan khas berupa Kapusu, Ikan Bakar, Luluta, Tombole dan berbagai masakan lain sebelum memutuskan untuk pulang.

Akses menuju ke Desa Haka di Pulau Lintea Tiwolu bisa ditempuh dengan menggunakan kapal dari Pulau Wangi Wangi. Sebelum sampai di Pulau Lintea Tiwolu, wisatawan singgah terlebih dahulu di Pulau Kaledupa untuk transit berganti kapal lain dengan tujuan Pulau Lintea Tiwolu. Sesampainya di Pulau Lintea Tiwolu, wisatawan bisa langsung mengunjungi Desa Haka dengan bertanya pada penduduk lokal atau dipandu dengan pemandu wisata yang dipesan sebelumnya di Pulau Wangi Wangi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

Metode Pembayaran