Salah satu kota di Indonesia yang memiliki kuliner jajanan khas dan diminati oleh masyarakat luas adalah kota Garut, dengan kuliner jajanan khasnya berupa dodol Garut. Meski terkenal dengan dodolnya yang begitu nikmat, ternyata kota Garut yang berada di provinsi Jawa Barat ini juga memiliki keindahan tempat wisata yang tersebunyi. Tempat wisata tersembunyi dengan pesona keindahannya ini adalah Leuwi Jurig, yang terdapat di kecamatan Bubulang, Garut Selatan.

Leuwi sendiri dalam pengertian bahasa Sunda memiliki artian sebagai kolam, sementara Jurig dalam bahasa Sunda memiliki artian berupa setan. Jadi dalam bahasa Indonesia, Leuwi Jurig ini juga dapat disebut dengan nama lain yakni Kolam Setan. Meski dalam bahasa Indonesia disebut dengan Kolam Setan, namun keindahan dari salah satu tempat wisata tersebumnyi di kabupaten Garut ini benar-benar dapat membius setiap pengunjungnya.

Leuwi Jurig, Garut adalah sebuah aliran sungai, dimana pada bagian sekitarnya terdapat tebing-tebing besar yang menghimpit dengan pepohonan yang membuat lokasi begitu rindang untuk dinikmati. Keunikan lain dari Leuwi Jurig ini adalah air dari sungai yang masih benar-benar jernih dengan warna biru kehijauan. Selain dinikmati, Leuwi Jurig ini juga dapat digunakan oleh para pengunjung sebagai tempat bermain air atau berenang-renang.

Tidak seperti namanya yang menyeramkan, ternyata Leuwi Jurig ini begitu memiliki keindahan yang tak akan membuat bosan para pengunjungnya. Untuk berkunjung ke Leuwi Jurig ini, musim kemarau adalah musim paling tepat. Hal ini dikarenakan setiap pengunjung akan menjumpai warna biru pada airnya, layaknya sungai ini berganti dengan air laut samudera. Siapapun wisatawan yang berkunjung ke lokasi Leuwi Jurig, Garut ini akan dipastikan benar-benar terbius dan tak mau cepat-cepat meningggalkan lokasi. Untuk tiket masuk yang dibebankan kepada para pengunjung sendiri adalah gratis karena memang belum benar-benar dikelola oleh masyarakat sekitar atau oleh pemerintahan kabupaten Garut.

Sementara itu, ada rute terbaik yang dapat dilewati pengunjung untuk bisa menikmati pesona keindahan wisata tersembunyi di kabupaten Garut ini. Leuwi Jurig ini lebih tepatnya terletak di desa Bojong, dimana desa Bojong ini masuk ke dalam kecamatan Bungbunglang, kabupaten Garut, provinsi Jawa Barat. Untuk menuju ke desa Bojong ini, pertama yang dilakukan oleh para pengunjung adalah memastikan diinya sampai dan masuk ke dalam wilayah kabupaten Garut, provinsi Jawa Barat.

Setelah pengunjung sampai di kabupaten Garut ini, untuk selanjutnya para pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju ke arah kecamatan Bungbulang. Masuk kecamatan Bungbulang ini, para pengunjung dapat bertanya kepada masyarakat sekitar apabila bingung untuk menemukan lokasi, atau juga bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah PLTMH yang berada di Cirompang Bungbulang. Dari sini, keindahan pesona wisata tersembunyi Indonesia yakni Leuwi Jurig, Garut, dapat ditemui setelah para pengunjung sampai di jembatan pertama yang berada berdekatan dengan lokasi tempat wisata.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*

Metode Pembayaran